Tetapi perpecahan Barat juga telah dipamerkan dengan anggota NATO Turki menentang Swedia dan Finlandia bergabung dengan aliansi, sebuah langkah yang akan membalikkan generasi non-blok militer dalam perombakan keamanan Eropa terbesar dalam beberapa dekade.

Ankara menuduh kedua negara Nordik itu menyembunyikan militan Kurdi, tetapi Presiden AS Joe Biden dan para pemimpin Eropa mengatakan mereka yakin kekhawatiran Turki dapat diatasi.

Biden, yang menjamu Perdana Menteri Swedia Magdalena Andersson dan Presiden Finlandia Sauli Niinist√∂ di Gedung Putih, mengatakan kepada wartawan: “Saya pikir kita akan baik-baik saja.”

Niinisto mengatakan Finlandia akan berkomitmen untuk keamanan Turki, menambahkan, “Kami mengutuk terorisme dalam segala bentuknya dan kami secara aktif terlibat dalam memberantasnya.”

Di Mariupol, hasil akhir dari pertempuran paling berdarah di Eropa selama beberapa dekade masih belum jelas, dengan ketidakpastian atas nasib ratusan pembela Ukraina.

Moskow mengatakan pada hari Kamis bahwa 1.730 pejuang Ukraina telah menyerah sejauh ini, termasuk 771 dalam 24 jam terakhir.

Pejabat Ukraina, yang telah mencari pertukaran tahanan, menolak berkomentar, mengatakan itu bisa membahayakan upaya penyelamatan.

Kamis malam, Sviatoslav Palamar, wakil kepala Resimen Azov yang membela pabrik baja, merilis video 18 detik di mana dia mengatakan dia dan komandan lainnya masih berada di wilayah pabrik.

“Operasi tertentu sedang berlangsung, rinciannya tidak akan saya ungkapkan,” katanya.

Komite Palang Merah Internasional yang berbasis di Swiss mengatakan telah mendaftarkan ratusan tahanan dari pabrik yang sekarang ditahan oleh Rusia, tetapi belum memberikan jumlah pasti.

Pemimpin separatis yang didukung Rusia yang menguasai daerah itu mengatakan hampir setengah dari pejuang tetap berada di dalam pabrik baja, di mana bunker bawah tanah dan terowongan telah melindungi mereka dari pemboman Rusia selama berminggu-minggu.

“Lebih dari setengahnya telah meletakkan senjata mereka,” kata Denis Pushilin kepada saluran televisi Solovyov Live Internet.

Yang terluka diberi perawatan medis sementara mereka yang sehat dibawa ke koloni hukuman dan dirawat dengan baik, katanya.

Rusia membantah setuju untuk pertukaran tahanan. Moskow menyebut Resimen Azov, yang memiliki asal-usul sayap kanan, Nazi dan mengatakan anggotanya harus dituntut atas kejahatan.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *